PENGEMBANGAN DAN EVALUASI BAHAN AJAR BAHASA JEPANG PARIWISATA PADA LEVEL A1

Juju Juangsih, Natsumi KOBARI

Abstract


Abstrak: Dalam penelitian ini setelah bahan ajar bahasa Jepang untuk pariwisata digunakan dan sekarang sedang dikembangkan, tahap selanjutnya adalah mengevaluasi bahan ajar yang dikembangkan tersebut. Objek dalam mengujicobakan buku ajar ini adalah mahasiswa program periwisata yang mengambil mata kuliah bahasa Jepang di sebuah universitas. Sedangkan tujuan pembelajarannya adalah level A1 CEFR (Common European Framework of Reference for Languages: learning, teaching, assessment). Setelah dilakukan uji coba buku ajar, dibagikan angket kepada  respondenmengenai penilaian terhadap empat kemampuan berbahasa yang terdapat dalan buku ajar dan evaluasi secara menyeluruh mengenai bahasa Jepang. Hasil analisa angket diketahui bahwa terdapat evaluasi yang kurang bagus dan hal-hal yang kurang mengenai buku ajar, juga hal-hal yang harus diperbaiki selanjutnya.

Kata-kata kunci: Bahasa Jepang pariwisata, pengembangan bahan ajar, evaluasi bahan ajar, perbaikan silabus, level A1 CEFR

 

Abstract: In this research, after teaching materials of Japanese for tourism was applied in learning process, it is now being developed. The next step, then, is to evaluate the teaching materials. The subject of this research is the university students majoring in tourism who took Japanese language class. The course’s objective is to achieve A1 level CEFR (Common European Framework of Reference for Languages: learning, teaching, assessment). After the test on the materials had been conducted, a questionnaire was given to each respondent to evaluate thoroughly on the four literacy skills in the materials. The analysis on the questionnaires indicates that there are some negative evaluations on the materials, thus, it need further revising.

Keywords: Japanese for Tourism, development of teaching materials, evaluation of teaching materials,improvement of syllabus, A1 level CEFR


Full Text:

XML

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi. Jakarta: Balai Pustaka Pendidikan Nasional.

Brown, T. (ed). (1998). Material Development in language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Council of Europe. Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR). Diunduh pada tanggal 1 Desember 2014 dari: http://www.coe.int/t/dg4/linguistic/Cadre1_en.asp..

Japan Foundation. (2008). Kyoozai Kaihatsu. Hitsuji Syoboo.

Melnik, R., Elly, D.P., & Gerlach, V.S. (1980). Teaching and Media Systematic Approach. Virginia: Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Barista telah terindeks di: