Jurusan Hospitaliti

S1 - Studi Akomodasi & Katering (SAK)

Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Catering dengan segala implikasinya.
Profil Lulusan : Peneliti, Akademisi, Birokrat, Teknokrat dan Konsultan dalam bidang Akomodasi dan Katering.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 152 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.

Tujuan

  • Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan. 
  • Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.

Sasaran

  • Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
  • Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata. 
  • Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
  • Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

Kompetensi

  • Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
  • Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
  • Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.

D4 - Administrasi Hotel (ADH)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).

Kompetensi :

  • Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
  • Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
  • Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
  • Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel

D3 - Manajemen Divisi Kamar (MDK)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Kompetensi

  • Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
  • Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
  • Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
  • Menangani pembayaran rekening tamu
  • Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
  • Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
  • Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
  • Menangani pelayanan "butler".

D3 - Manajemen Tata Hidang (MTH)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makan dan minuman
Profil Lulusan : Restaurant Supervisor / Head Waiter dan Bartender
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Visi

Menjadi program studi unggulan menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, memliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi standar internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, bermutu andal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha/industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya agar mampu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang Tata Hidangan.

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama
    1. Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
    2. Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
    3. Pengetahuan dan kemampuan di bidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi. dalam pengembangan serta penerapannya.
    4. Sikap dan prilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
    5. Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
    6. Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
    7. Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
    8. Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
    9. Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan. 
  2. Kompetensi Pendukung lulusan:
    1. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya seperti: Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis.
    2. Kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi yang tercanggih.
    3. Kompetensi dalam menyelenggarakan dan mengatur persiapan acara, baik skala besar maupun skala kecil; terutama yang terkait dengan bidang MICE.
  3. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan  
    1. Kompetensi untuk menjadi pendidik dalam bidang ilmu perhotelan dan pariwisata.
    2. Kompetensi untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang pariwisata, khususnya Manajemen Perhotelan.
    3. Kompetensi di bidang wirausaha / entrepreneur; khususnya kemampuan berwirausaha dalam mengelola bisnis yang terkait dengan perhotelan maupun usaha jasa lainnya.

D3 - Manajemen Tata Boga (MTB)

Tujuan Pendidikan :  untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Kompetensi

  • Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan 
  • Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
  • Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
  • Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
  • Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman

D3 - Manajemen Patiseri (MPI)

Tujuan Program: Setelah menyelesaikan Program Pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi Pengelolaan dalam bidang pastry dan bakery.
Waktu Studi : 6 Semester (3-4 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Visi

Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan tenaga profesional dan memiliki keunggulan kompetitif di bidang Pastry & Bakery yang sesuai dengan kebutuhan standar industri pariwisata di tingkat Internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga profesional di dunia industri bidang patiseri yang bermutu dengan keterampilan dan teknologi serta mempunyai networking yang luas agar mampu berkompetisi di era globalisasi.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Baker
  2. Chef de party/supervisor
  3. Food Demonstrator
  4. Instruktur bidang bakeri dan patiseri

Kompetensi Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi:

  1. mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
  2. menerapkan nilai, sikap dan etika profesi;
  3. menangani persiapan dalam pengelolaan aneka patiseri dan roti;
  4. membuat aneka hiasan kue dan menghias aneka kue;
  5. menangani penyimpanan komoditi patiseri;
  6. menyiapkan dan melaksanakan pelayanan di pastry counter;
  7. menata dan mengatur hidangan penutup;
  8. menata dan mengatur makanan untuk event
  9. menangani administrasi patiseri;
  10. melaksanaan dan pengawasan dan pembinaan pada bagian patiseri;
  11. menganalisis hasil penjalan produk;
  12. melaksanakan dan mengaplikasikan hygiene, sanitasi dan keselamatan kerja;
  13. berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja di bidang patiseri;
  14. berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
  15. berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya

Jadwal Kuliah

Download

Kuesioner Tracer Study - ALUMNI

Download

Kuesioner Tracer Study - INDUSTRI

Download

 

Studi Akomodasi & Katering (SAK) - S1

Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Katering dengan segala implikasinya.

Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 150 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)

 

Profil Lulusan :

  1. Birokrat di  bidang industri pariwisata;
  2. Teknokrat/perancang bangun dalam pembangunan pariwisata di bidang hospitalitas;
  3. Konsultan pariwisata industri dan bisnis hospitalitas;
  4. Administrator industri dan bisnis hospitalitas
  5. Entrepreneur industri dan bisnis hospitalitas
  6. Peneliti industri dan bisnis hospitalitas
  7. Akademisi pariwisata industri dan bisnis hospitalitas

Visi

Menjadi Program Studi Akomodasi & Katering terkemuka di Indonesia yang tetap berkepribadian Indonesia

Misi

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengembangan kapasitas belajar
  2. Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan, khususnya Studi Akomodasi dan Katering berbasis kearifan lokal
  3. Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan      kepariwisataan nasional khususnya bidang studi akomodasi dan katering.
  5. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususnya bidang akomodasi dan katering di Indonesia

Tujuan

  • Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
  • Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.

Sasaran

  • Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
  • Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata. 
  • Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
  • Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

Kompetensi

  • Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
  • Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
  • Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.

Manajemen Divisi Kamar (MDK) - D3

Length of Study  : 6 Semesters (3-5 Years)  

Study Credit       : 110-120 SKS

Program Title     : Diploma in Tourism/Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

 

VISION

Being a study program that can generate excellent professional alumnae and have a competitive advantage in accordance with the requirements of national and international industry standards.

MISION

Perform education programs that can produce professional alumnae in the field/industry of Rooms Division :

  • Proficient in the latest skills
  • Mastery of technology
  • Have a networking
  • Able to compete in the global era

 

GRADUATE PROFILE

  1. Front Office Supervisor (Front Desk Supervisor, Guest Relation Supervisor, Reservation Supervisor, Chief Concierge)
  2. Housekeeping Supervisor (Public Area Supervisor, Room Supervisor, Laundry Supervisor)
  3. Head Butler
  4. Entrepreneur
.

 

KNOWLEDGE OBJECTIVES

  • Mastering the general concepts and application of operational management in the field of room division
  • Mastering the principles and procedural knowledge of reservation, guest registration, guest luggage handling, and telephone handling on the field of front office.
  • Mastering the techniques of public area maintenance, guestrooms preparation, linen handling, floral arrangement on the field of housekeeping
  • Mastering the principles and procedural knowledge of computer applications related to the field of front office and housekeeping.
  • Mastering the theoretical concept and application of the design layout area and guest service area.
  • Mastering knowledge of materials and machinery operation management in the front office and housekeeping
  • Mastering the general theoretical concepts and application of division operation budget.
  • Mastering the general theoretical concepts and application of marketing in room division.
  • Mastering the theoretical concepts of the application of excellent service
  • Mastering the theoretical concepts and application of cross-cultural knowledge
  • Mastering the theoretical concepts and application of communication
  • Mastering the theoretical concepts and application of entrepreneurship

 

LEARNING SUBJECT/MATA KULIAH

  • Hospitality Marketing
  • Principle of Management
  • Human Resources Management
  • Front Office Operation
  • Front Office Supervisory
  • Front Office Management
  • Housekeeping Operation
  • Housekeeping Supervisory
  • Housekeeping Management
  • Laundry Operation
  • Butler Service
  • Hotel Accounting
  • Hospitality business
  • Entrepreneur
  • Cross Culture
  • Psychology of service
  • Hotel Information System
  • Hotel Statistic
  • Research methodology
  • Etc

 

SUCCESS ALUMNAE

  • Mr. Reza Sunardi (Chairman of Indonesian Hotel General Manager Association)
  • Mr. Brio Ardianto (President The International Association for Deputy Managers and Front Office Managers of Luxury Hotels, Indonesia)
  • Mr. Eric Herlangga (Vice President of Louvre and Golden Tulip Hotel South East Asia)
  • Mr. Francis Denhard (Country CEO of Global Capital Hotel)
  • Mr. Ade Rachmat Sjamsudin (Managing Director Global Capital Hotels)
  • Mr. Edward Setiadi (Business Development Manager Diversey Care Indonesia)
  • Mr. Tantowi Yahya (Member of Parliament/Dewan Perwakilan Rakyat)
  • Mrs. Violeta Simatupang (President Director of Spectra and Energia Transmedia, Owner Hospitality Management Consult Indonesia, Tourism and Law Book Writer
  • Denny Setiadi. Execurive Assistant Manager Holiday Inn Clark, Philippines
  • Stevanus Lumenkun Piri. Hotel Manager Santika Hotel Kuta
  • Harry Florentius. Corporate Human Resources Manager Artotel Indonesia
  • Sari Hamonangan Damanik. Regional Director of Sales & Marketing Louvre Hotels Group
  • Soni Harsono. Hotel Manager of Whiz Hotel
  • Agung Wahyu Anggoro, Executive Assistant Manager Victoria Angkor Resort & Spa, Cambodia
  • Alain John-John Siwy. General manger Myko Hotel and Convention
  • Braddy Attaka Tamba. General Manager Santika Premiere Hotel
  • Braja Eka Sukma. Director of Operation The OSO group Greater Jakarta Area
  • Setyo Hari Moeljono. Corporate Director of Human Resources The Gunawarman
  • Erwin Latief. Managing Director at Ranadi Bali
  • Erich Hirawan. Director of Operations Parador Hotel and Resorts Indonesia
  • Herry Firmansyah. General Manager Swiss-Belhotel International
  • Riza i. Soemadipradja. General manger at Amaroossa Royal Hotel
  • Dony Setia Burhan Hotel Manager Fave Hotel Archipelago International Hotels, Resort and Residences
  • Chandra Kurniawan. General Manager JamesJoyce Coffetel & 7 Days Premium hotel
  • Doddy Faturahman. General Manager Archipelago International Hotels, Resort and Residences
  • Ruth Hutapea. General Manager Resinda Hotel manage by Padma Hotels & Resorts
  • And many more

 

Administrasi Hotel (ADH) - ST/D4

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).

Kompetensi 

  • Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
  • Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
  • Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
  • Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil

  2. Penyelia bagian sumber daya manusia
  3. Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel

  4. Penyelia Penjualan dan Pemasaran

  5. Asisten Manajer Revenue

  6. Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
  7. Aparatur Sipil Negara

Profil Alumni

  1. Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
  2. Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par  (General Manager V Hotel Pasteur)
  3. Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management) 

Manajemen Tata Boga (MTB) - D3

Tujuan Pendidikan :  untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Akreditasi : A |  Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global

Visi

Menghasilkan lulusan bidang Tata Boga bertaraf Internasional

Misi

  1. Mengembangkan kurikulum berdasarkan kultur industri kuliner
  2. Meningkatkan isi pembelajaran berdasarkan studi penelusuran
  3. Mengembangkan teknologi pendidikan
  4. Optimalisasi penggunaan anggaran

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai: 

  1. Chef de Party (Supervisor)
  2. Instruktur Bidang Tata Boga
  3. Food Demonstrator

Kompetensi

  • Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan 
  • Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
  • Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
  • Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
  • Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman

Profil Alumni

  1. Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
  2. Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
  3. Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)
Friday the 15th. Joomla Templates Free. @stp bandung | jl. dr setiabudhi 186 Bandung 40141, jawa barat, indonesia .