MODEL PEMBELAJARAN KANJI “WAKARAU OBOERU TSUKAU” DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGUASAAN KANJI N4
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran “wakaru oboeru tsukau” dapat meningkatkan penguasaan kanji Japanese Language Proficiency (JLPT) pada mahasiswa tingkat 2 Departemen Pendidikan Bahasa Jepang (JPBJ) FPBS UPI. Penguasaan kanji mahasiswa JPBJ FPBS masih dibawah rata-rata kelulusan ujian Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3 yang merupakan standar kompetensi lulusan JPBJ. Oleh karena itu diperlukan adanya inovasi model pembelajaran yang mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan Model pembelajaran “wakaru oboeru tsukau”. Model ini terdiri dari tiga tahapan yakni, pertama “wakaru” (mengerti), kedua “oboeru” (hafal) dan ketiga “tsukau” (gunakan). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan responden 30 mahasiswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan responden meningkat, dari nilai mean pre test 66,65 ke nilai mean post test mean = 88,46. Berdasarkan hasil angket diketahui bahwa responden lebih mudah memahami, mengingat dan menggunakan kanji yang sudah dipelajari dalam teks bahasa Jepang terutama pada saat mengerjakan soal JLPT.
Kata-kata kunci: model pembelajaran “wakaru oboeru tsukau”, penguasaan kanji
Abstract: This study aims to examine whether or not the teaching model of “wakaru oboeru tsukau” can improve the second-semester-students’ kanji proficiency for Japanese Language Proficiency Test (JLPT). The students’ proficiency of kanji is not satisfying for it is still below the standard of competency from JPBJ which is to pass the Japanese Language Proficiency Test (JLPT) N3. Therefore, in order to pass the standard, there should be innovation in the teaching model to overcome those problems which is to implement ‘Wakaru Oboeru Tsukau’ teaching model. This model consists of three stages, which are: the first stage “wakaru” (comprehension); second stage “oboeru” (memorizing); and the third stage “tsukau” (application). This study applies quasi-experiment methodology to 30 students. The result of the study implies that there is improvement in term of students’ proficiency that can be seen from the mean score of the pre- and post-test result from 66.65 to 88.46. Based on the questionnaire, the students respond that they are easier to understand, remember, and apply kanji which they had learned previously from the Japanese textbook, more specifically when they exercise on the Japanese Language Proficiency Test.
Keywords: wakaru oboeru tsukau teaching model, kanji proficiency
penguasaan kanji
Full Text:
PDFReferences
Abe, Y. & Nakamura, M. (2012) Shokyu o Oshieru Nihongo Kyoujuhou Shirizu 9. Japan: Japan Foundation
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi keempat. Jakarta: Rineka Cipta.
Herniwati.(2012). Evaluasi Kompetensi Bahasa Jepang melalui Hasil Ujian International Japanese Language Proficiency Test(JLPT) Pada Mahasiswa Departemen Pendidikan bahasa Jepang FPBS UPI. Proceedings International Seminar Comparative In Competency Based Curriculum Between Indonesia and Malaysia.
Kida, M.,et al. (2011). Kokusai Kouryuu Kikin Nihongo Kyoujuhou Shiriizu 3 Moji Goi wo Oshieru. Tokyo: Kabushiki Gaisha Hitsuji Shobou.
Oomori, M. & Suzuki, E. (2013). Nihongo Kyoushi no Nanatsu Dougu Shiriizu 2 Kanji Jugyou no Tsukurikata hen. Tokyo: Aruku Kabushiki Gaisha.
Sutedi, D. (2009). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora.
Takamizawa, H. (2002) Hajimete no Nihongo Kyouiku-2 (Nihongo Kyoujuhou
Nyuumon), Japan:Arukuoran
The Japan Foundation (2012). Survey Report on Japanese-Language Education Abroad 2012. Japan: The Japan Foundation
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Barista telah terindeks di: