GAYA BELAJAR MAHASISWA DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BAHASA

Tatang Sopian, Kuswardhani Kuswardhani, Zulhelva Zulhelva

Abstract


Abstrak: Keberhasilan belajar ditentukan oleh banyak faktor. Pangaruh yang diberikan dapat beraneka tingkatan dan seringkali faktor-faktor tersebut saling mempengaruhi. Faktor-faktor tersebut bisa berasal dari dalam diri sendiri (internal factors) dan bisa juga berasal dari luar diri sendiri (external factors). Oleh karena itu kemampuan mahasiswa mengendalikan dan mengelola faktor-faktor pemberi pengaruh keberhasilan belajar itu menjadi sangat penting. Penelitian ini bermaksud untuk mengidentifikasi dan menganalisis gaya belajar mahasiswa dalam konteks pembelajaran bahasa. Faktor-faktor pemberi pengaruh yaitu faktor intrinsik, ekstrinsik sosial, dan upaya mahasiswa dalam meraih sukses belajar. Faktor intrinsik meliputi aspek motivasi, memori, tujuan dan berpikir. Faktor ekstrinsik sosial meliputi keragaman dan hubungan sosial. Sedangkan faktor upaya meliputi aspek membaca, menulis, membuat catatan, ujian, kesehatan dan waktu. Penelitian deskriptif ini merupakan modifikasi dari instrumen penelitian gaya belajar yang buat oleh Dave Ellis.

Kata-kata kunci: gaya belajar, faktor internal, faktor eksternal, kadar upaya

Abstract: The success of learning success is determined by many factors. Influences given can be in various levels and these factors often influence each other. These factors can come from within oneself (internal factors) as well as from outside (external factors). Therefore, a student's ability to control and manage the grantor factors influence learning success becomes very important. This study intends to identify and analyze student learning styles in the context of language learning. The influence factors namely intrinsic factors, extrinsic social, and student effort in achieving learning success. Intrinsic factors include aspects of motivation, memory, goals and thinking. Extrinsic factors include the social diversity and social relationships. While attempts factors include aspects of reading, writing, making notes, exams, health and time. This descriptive study is a modification of the learning styles research instrument created by Dave Ellis.

Keywords: learning styles, internal factors, external factors, level of effort


Full Text:

PDF

References


Anderson, J & Poole, M. (1998). Assignments and Thesis Writing. Jacaranda Ltd. Queensland, Australia.

Arifin, A. (2003). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar Ringkas. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

Ellis, D. (2013). Master Student Strategies. (14th Edition). Wadsworth: Cengage Learning

______. (2012). The Essential Guide to Becoming a Master Student Second Edition. Wadsworth: Cengage Learning

______. (1980). Becoming a Master Student. Ed.8th. Boston: Houghton Mifflin Company.

Jawwad, M. A.A. (2004). Manajemen Waktu: Bandung: Syaamil

Koentjaraningrat, E. (1985). Aspek Manusia dalam Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia

Martinis, Y. (2007) Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada.

Nurgiyantoro, B.(2009).Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra (3rd ed.).Yogyakarta: BPFE

Sardiman, AM. (1986). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surat Keputusan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia

Nomor:1340/J33/PP.03.02/ 2005 tanggal 16 Maret 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Barista telah terindeks di: