ANALISIS LAY - OUT BUFFET YANG MEMPENGARUHI LAMANYA ANTRIAN DI SANTIKA CATERING & SERVICE
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data perihal lamanya antrian serta bentuk buffet seperti apa yang baik digunakan dalam keadaan jumlah tamu besar agar menjadi lebih efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dalam rangka mencari data untuk mempelajari objek di Santika Catering & Service. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah merujuk pada teori lead time dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pada jalur buffet satu dengan sembilan meja dan enam menu rata-rata waktu yang dibutuhkan tamu dari pengambilan sampai dengan selesai menghabiskan waktu 13 menit, dan pada jalur buffet dua dengan delapan meja lima menu rata-rata waktu yang dibutuhkan tamu dari pengambilan sampai dengan selesai menghabiskan waktu 11 menit.
Kata-kata kunci : Layout buffet, lama antrian, catering & service
Abstract: This study aims to determine the length of the queue as well as any form of buffet good use in a number of large state in order to become more effective and efficient. The method used in this research was descriptive qualitative study that seeks only the data objects in the Santika Catering & Service, the data collection methods used by the theory lead time and Microsoft Excel 2007. Based on the results of the study obtained data on the buffet lines with nine tables and six menu average time is needed guests from taking up the finished spent 13 minutes, and on line two with eight table buffet menu on average five times in a need of taking up the finished spent 11 minutes.
Keywords: Layout buffet, length of the queue, catering & service
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2005). Prosedur penelitian. Jakarta: Rinekacipta.
Bartono & Ruffino. (2005). Material bahan baku. Bandung: Alfabeta.
Danz, N. (2011) Good service buffet. Yogyakarta: Andi Publishing.
Erlang, A.K. (2005). Manajemen proyek. Jakarta: Erlangga.
Silastiyono, A. (2008) Manajemen penyelenggaraan hotel. Jakarta: Graha Indonesia.
Kuncoro, M. (2003). Metode riset untuk bisnis dan ekonomi. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran. (Edisi millennium 2). Jakarta: PT. Ikrar mandiri abadi.
Marsum, W.A. (2005). Restoran dan segala permasalahannya. Yogyakarta: Andi Publishing.
Malhotra, K.(2005). Analisis pengaruh ; metodologi penelitian. Jakarta.
Martin, J. (2007). “An integrated of price , satisfaction, and loyalty: An empirical analysis in the service sector”. Journal of Product and Brand Management. Hal.459-468.
Nazir, M. (2005). Metode penelitian. Jakarta : Graha Indonesia
Oliver, R.L. (2008). Safisfaction a behavioral perspective on the consumer. UK: Bluestone press.
Pitana, I. G. (2005). Sosiologi pariwisata. Yogyakarta : Andi Publishing.
Richard, S. (2000). Quality service. Jakarta: Graha Ilmu
Silalahi, U. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung : PT. Rafika Aditama
Siahaan, L. (2010). Kualitas produk. Jakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
_______ . (2013). Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, F. (2002). Strategi pemasaran. (Edisi ke-2). Yogyakarta: Andi offset
Umar, H. (2003). Studi kelayakan dalam bisnis jasa: manajemen, metode, dan kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Barista telah terindeks di: