PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE AND REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN COMPREHENSION ECRITE IV
Abstract
Abstrak: Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh seorang pembelajar bahasa, termasuk pembelajar bahasa Perancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) dalam pembelajaran membaca pemahaman teks pada mata kuliah Compréhension Ecrite IV di Departemen Pendidikan Bahasa Perancis FPBS UPI, yang merujuk pada pencapaian kompetensi dari Kerangka Acuan Umum Bahasa-bahasa Eropa atau yang dikenal dengan nama Cadre européen commun de référence pour les langues (CECRL) level A2 DELF. Dalam pelaksanaannya, metode penelitian yang digunakan, yaitu experimen semu dengan desain the one groupe pre-test post-test dan teknik pengumpulan data berupa tes dan studi pustaka. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa semester IV Departemen Pendidikan Bahasa Perancis FPBS UPI Tahun Akademik 2013/2014. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata prates sebesar 9,15/20 dan nilai rata-rata pascates sebesar 13,18/20. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan hasil yang cukup signifikan sebelum dan sesudah penggunakan strategi PQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman teks bahasa Perancis. Selain itu, berdasarkan hasil perhitungan statistik, dengan menggunakan taraf signifikansi 1% (-1) dan derajat kebebasan d.b = 19, maka diperolah t-tabel sebesar 2,861 dan t-hitung sebesar 16,829, sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa hipotesis kerja diterima. Jadi, penggunaan strategi PQ4R terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks bahasa Perancis mahasiswa semester IV Departemen Pendidikan Bahasa Perancis FPBS UPI tahun akademik 2013/2014 setara dengan level A2 DELF du CECRL.
Kata-kata kunci: PQ4R, compréhension écrite, DELF level A2, CECRL
Abstract: Reading is one of language skills which must be mastered by a learner of languages, including french learners. This study aims to analyze strategies PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) in learning of reading comprehension text on the subject Comprehension Ecrite IV in the Department of French Language Education FPBS UPI, which refers to the achievement of the competence of the General Terms of Reference for European languages (CECRL) DELF level A2. In practice, the research method used was quasi-experimental design with the one groupe pre-test and post-test data collection techniques in the form of tests and literature studies. The sample in this study were 20 students of fourth semester of Departement of French FPBS UPI for academic year 2013/2014. Analysis of the data obtained pre-test average value of 9.15 / 20 and the average post-test score of 13.18 / 20. It indicates a significant difference in the results before and after the use of strategies PQ4R in learning the french text reading comprehension. Based on the results of statistical calculation, using a significance level of 1% (-1) and degrees of freedom db = 19, then obtained t-table of 2.861 and t-count of 16.829, so the t-test bigger than t-table. Therefore, researchers can conclude that the working hypothesis is accepted. Thus, the use of strategy PQ4R proved effective to improve reading comprehension texts.
Keywords: PQ4R, compréhension écrite, DELF level A2, CECRL
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2010). Strategi membaca, teori dan pembelajarannya. Bandung: Rizqi Press.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Chauvet, A. (2008). Référentiel pour le Cadre Européen Commun. Paris: CLE International.
Cuq, J. (2003). Dictionnaire de didactique du français langue étrangère et seconde. Paris : CLE International.
Desmons, F. (2005). Enseigner le FLE; Pratiques de classe. Paris: Belin.
Iskandarwassid & Sunendar, D. (2008). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Rineka Cipta.
Moirand, S. (1979). Situastion d’écrit, compréhension, production en langue étrangère. Paris: CLE International.
Slavin. (2008). Strategy PQ4R. Diunduh tanggal 3 Februari 2011, dari: http://userwww.sfs.edu/~foreman/itec800/finalprojets/danabayer/studyskills/pq4r.htm
Sudjana, N. (2010). Penilaian proses belajar mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Suhendar dan Supinah, P. (1992). Pengajaran dan ujian keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Jakarta: Pionir Jaya.
Tagliante, C. (1994). La classe de langue. Paris: CLE International.
__________.(2005). L’évaluation et le Cadre européen commun: Technique et Pratiques de Classe. Paris: CLE International.
Tarigan, H.G. (1989). Metodologi pengajaran bahasa. Jakarta: Depdikbud.
__________. (1994). Kemampuan membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorintasi konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
http://www.iidris.fr
http://www.ib.refer.org
http://userwww.sfs.edu/~foreman/itec800/finaprojets/danabayer/studyskills/pq4r.htm
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Barista telah terindeks di: