DRILL BUNPO BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BAHASA JEPANG
Abstract
Abstrak: Bunpo yang dimaksud dalam penelitian ini adalah aturan-aturan kebahasaan berkaitan dengan aturan penggunaan pola-pola kalimat, kosa kata, ungkapan-ungkapan bahasa Jepang dan lain-lain. Berdasarkan hasil evaluasi diketahui bahwa penguasaan bunpo pembelajar belum sempurna, tidak sedikit pembelajar yang mengerti dan memahami pada saat materi diberikan di kelas, namun karena kurangnya latihan di luar kelas maka pembelajaran yang sudah dipahami di kelas pada saat perkuliahan dengan mudah hilang dan segera lupa. Sehingga dampaknya dapat dirasakan pada rendahnya penguasaan mata kuliah lain yang sangat berhubungan dengan mata kuliah bunpo ini. Dalam penelitian ini diupayakan suatu cara yang dapat lebih mengoptimalkan pelatihan dengan menggunakan multimedia flash game berupa program latihan-latihan kebahasaan seperti adverbia (fukushi), adjektiva (keiyoushi), partikel (joshi), dan verba (doushi). Penelitian dilaksanakan di Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI. menggunakan metode deskriptif dan metode eksperimen kuasi. Sedangkan subjek penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI mahasiswa semester 3 tahun akademik 2013/2014. Hasil penelitian diketahui bahwa multimedia flash game ini dapat meningkatkan kompetensi penguasaan bunpo pembelajar dan penggunaan multimedia flash game ini dianggap menarik sebagai salah satu alternatif media pelatihan bunpo.
Kata-kata kunci: Multimedia, bunpo, flash game
Abstract: “Bunpo” in this study refers to the rules relating to language usage rules sentence patterns, vocabulary, Japanese phrases and others. Based on the results of the evaluation known that mastery learners bunpo not perfect, not a few learners who understand and comprehend at the time the material given in class, but due to lack of exercise outside of the classroom, the learning that has been understood in the classroom during the lectures easily lost and soon forgotten. So that its impact can be felt in the low mastery of other subjects that are closely related to the subject of this “bunpo”. In this study sought a way to further optimize the training by using multimedia flash game in the form of programs such linguistic exercises adverb (Fukushi), adjectives (keiyoushi), particles (joshi), and verbs (Doushi). Research conducted at the Department of Japanese Language Education FPBS UPI using descriptive and quasi-experimental methods. While the subject of this research is the students of Department of Japanese Language Education FPBS UPI 3rd semester academic year 2013/2014. The survey results revealed that multimedia flash game can enhance learners' competence and mastery “bunpo” multimedia use this flash game is considered attractive as an alternative media “bunpo” training.
Keywords: Multimedia, bunpo, flash game
Full Text:
PDFReferences
Kodama, Y & Kida, M (Kokusai Koryuu Kikin). (2010) 文法を教える ‘bunpo o oshieru’. Japan: The Japan Foundation.
Mukhtar & Iskandar. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta:Referensi
Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Sudjianto & Dahidi, A. (2009). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc
Sudjianto. (2010). Gramatika Bahasa Jepang Modern. Jakarta: Oriental Jurnal Internasional.
Desain Penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. (2014). Diunduh tanggal 24 Februari 2014 dari: https://www.facebook.com/permalink.php.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Barista telah terindeks di: