Abstract:
Kegiatan pemasaran digital sedang berkembang di Indonesia. Hal ini didukung oleh jumlah pasarnya yang merupakan jumlah pasar terbesar di ASEAN. Bagi perusahaan perjalanan wisata seperti A&T Holidays, media pemasaran yang sudah umum digunakan yaitu website. Sebagai media pemasaran digital, website yang digunakan harus berkualitas yang orientasinya ditekankan pada harapan pengguna akhir.
Website yang berkualitas, salah satunya dapat dilihat dari jumlah pengunjung dan jumlah halaman yang dilihat. Sejauh ini, website resmi dari A&T Holidays, www.lombokandbeyond.com belum banyak dikunjungi dan jumlah halaman yang dilihat pun tidak banyak. Di samping itu, jumlah orang yang melakukan reservasi berdasarkan referensi dari website tersebut juga sangat sedikit. Untuk itu, peneliti melakukan penelitian dengan judul Kualitas www.lombokandbeyond.com sebagai Media Pemasaran Digital di A&T Holidays Lombok.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner elektronik untuk mengetahui penilaian responden dan melakukan wawancara kepada pemilik A&T Holidays.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh, peneliti menggunakan alat analisis berupa skala Likert dan garis kontinum. Adapun hasil analisis terhadap www.lombokandbeyond.com secara umum yaitu kualitas site design bernilai rata- rata 207 dari nilai tertinggi 300, site functionality belum dimanfaatkan secara maksimal, customer value yang diberikan oleh website sudah baik, namun terdapat ketimpangan informasi mengenai wisata alam, budaya, dan minat khusus.
Berdasarkan analisis penelitian yang telah dilakukan, peneliti membuat rekomendasi untuk menjadi masukan dan pertimbangan dalam mengevaluasi dan memperbaiki kualitas www.lombokandbeyond.com. Rekomendasi tersebut berupa rancangan tampilan website yang disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung berdasarkan penilaian responden sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas website tersebut.