Abstract:
Saat ini industri pariwisata semakin berkembang dengan adanya sejumlah usaha di bidang pariwisata salah satunya adalah Biro Perjalanan Wisata. Perkembangan usaha Biro Perjalanan Wisata di Jawa Barat semakin pesat dengan jumlah 185 perusahaan di tahun 2016 berdasarkan data yang diperoleh dari ASITA, perkembangan ini terjadi khusunya di Kota Bandung. Biro Perjalanan Wisata di Kota Bandung sedang mengembangkan unit usahanya di bidang Inbound Tour salah satunya yaitu PT Jaya Prima Utama Lestari. Penelitian ini difokuskan kepada penanganan Inbound Tour dengan melakukan evaluasi pada penanganan penyelenggaraan tur yang dilakukan oleh operation staff dan tour director.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan alat kumpul data berupa kuesioner yang dibagikan kepada dua puluh koordinator peserta tur yang terbagi ke dalam tiga tur yang berbeda dengan didukung adanya daftar periksa dan pedoman wawancara untuk operation staff, tour director dan peserta tur.
Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan pengolahan kuesioner yang diukur dengan skala likert dan diperkuat dengan daftar periksa serta pedoman wawancara sehingga diperoleh informasi pencapaian operasional inbound tour yang cukup oleh PT Jaya Prima Utama Lestari.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa operasional inbound tour oleh operation staff adalah cukup melalui penanganan situasi darurat dan operasional oleh tour director juga dinilai cukup karena daily scheduling dilakukan dengan baik walaupun penanganan pada supplier, pengorganisasian dan kepemimpinan tur serta laporan dan analisis sehari-hari masih kurang maksimal. Penelitian ini memberikan output berupa draft Standard Operational Procedure (SOP), Format-format penanganan penyelenggaraan tur untuk operation staff dan tour director , format penilaian tour director pada simulasi penanganan tur oleh operation staff dan kuesioner untuk peserta tur.