Abstract:
Diana Travel Bogor merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang shuttle service. Dimana Diana Travel Bogor menawarkan jasa travel dari Bogor menuju Purwokerto. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2000.
Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan adalah melalui periklanan dengan menyebarkan media brosur. Namun kegiatan periklanan ini belum dapat membantu untuk meningkatkan penjualan karena terjadi penurunan penjualan di Diana Travel Bogor dari tahun 2011 sampai dengan 2015. Melihat dari masalah yang ada, maka penulis mengambil judul “Kegiatan Periklanan Di Diana Travel Bogor”.
Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode analisis deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, wawancara dan studi kepustakaan serta menggunakan alat kumpul data berupa kuesioner dan pedoman wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan periklanan yang dilakukan oleh Diana Travel Bogor masih kurang optimal, karena tujuan dari periklanan yang diharapkan oleh Diana Travel Bogor masih belum tercapai, masih belum disusunnya anggaran periklanan secara khusus serta berkurangnya anggaran untuk periklanan, pesan yang terdapat pada brosur sudah dapat disampaikan dengan baik namun tema dari periklanan masih kurang karena desain brosur yang tidak pernah diperbaharui, luas jangkauan medianya masih dalam skala lokal dan dampak periklanan pada penjualan dapat dilihat dari tahun ketahun penjualan Diana Travel Bogor yang mengalami penurunan hal ini terjadi karena tidak adanya riset periklanan dan penjualan.
Rekomendasi yang diberikan oleh penulis adalah untuk mencapai iklan informatif hal yang dilakukan adalah dengan menambahkan tagline Diana Travel Bogor untuk mempermudah konsumen mengetahui keberadaan Diana Travel Bogor, untuk iklan pengingat dengan menampilkan dalam brosur untuk mengingatkan konsumen bahwa Diana Travel Bogor memiliki rute Bogor-Purwokerto dan dapat langsung memesan melalui telepon, dan iklan penguat dengan cara mencantumkan testimoni dari pelanggan dalam brosur. Kemudian untuk anggaran periklanan Diana Travel Bogor dapat menggunakan persentase penjualan terakhir, yaitu sebesar 10% dan yang dilakukan Diana Travel Bogor pada saat tahap penurunan adalah dengan cara harvesting atau divestasi. Untuk pesan periklanan Diana Travel Bogor dapat memperbaharui desain dari brosurnya agar lebih menarik. Kemudian yang terakhir media periklanan yang dapat digunakan Diana Travel Bogor adalah brosur karena dapat menjangkau target pasarnya, serta media website dan koran yang dapat menjangkau konsumen lebih luas.