Manajemen Divisi Kamar (MDK) - D3
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 117 SKS | Akreditasi : A, Tedqual, ISO | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi MDK memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut :
A. VISI
Menjadi Program Studi Divisi Kamar terkemuka di dunia yang tetap berkpribadian Indonesia
B. MISI
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang divisi kamar melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi divisi kamar
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan divisi kamar melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan khususunya divisi kamar nasional
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususunya bidang divisi kamar Indonesia
C. TUJUAN
Peningkatan kapasitas dan profesionalisme SDM pariwisata dan ekonomi kreatif
Deskripsi Umum Capaian
Program Studi Manajemen Divisi Kamar adalah program studi vokasi yang menghasilkan alumni yang mampu menjadi supervisor dalam bidang Room Division khususnya Front Office dan Housekeeping. Lulusan Program Studi Manajemen Divisi Kamar diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dengan standar hotel bintang 5 di bidang Front Office dan Housekeeping. Serta mampu untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi serta memberikan pengawasan terhadap operasional Front Office dan Housekeeping sesuai dengan standar hotel bintang 5.
Pembelajaran
Program studi MDK menggunakan kurikulum tahun 2014 dengan jumlah 48 mata kuliah yang terdiri dari :
- 4 Mata Kuliah Wajib Umum
- 18 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Umum
- 26 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Khusus
Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan 50 % Teori di dalam kelas dan 50% Praktik di Laboratorium Front Office dan laboratorium Housekeeping.
Kompetensi
- Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
- Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
- Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
- Menangani pembayaran rekening tamu
- Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
- Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
- Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
- Menangani pelayanan "butler".
Profil Lulusan
- Room Division Supervisor
- Front Office Supervisor
- Housekeeping Supervisor
- Laundry SupervisorEntrepreneur
Profil Alumni
1. Tantowi Yahya, sebagai :
- Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan kerajaan Tonga 2017 – 2020
- Anggota DPR RI 2014 – 2019
- Penyanyi
- Pengusaha
2. Francis Dehnhardt, sebagai :
- Country CEO Indonesia Global Capital Hotels 2016
- Executive Vice President of Hotel Division 2013 – 2016
- Director of Aero Hotel Management 2013 – 2015
- General Manager of Prama sanur Beach Hotel Bali 2011 - 2013
3. Erick Herlangga, sebagai :
- Vice President Business Development Louvre Hotels Group 2015 – sekarang
- Vice President Louvre Hotels Group 2014 – 2015
- Regional Director Operations & Development Luvre Hotels Group 2011 – 2013
- Assistant Director Group Operations Hotel CT Corp 2009 - 2011