Abstract:
Competitiveness, excellences dan quality merupakan isu strategis dan agenda besar BPSD Kementrian Pariwisata termasuk Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung dan bali sebagai UPT BPSD Kementrian Pariwisata. Dalam menciptakan kualitas lulusan yang memiliki kemampuan daya saing berkelanjutan. Untuk mewujudkan visi dan misi lembaga, maka dengan kelemahan/keterbatasan yang STP Bandung dan Bali miliki Terutama Berkenan dengan sumber daya (tenaga pendidikan dan kependidikan, fasilitas fisik, keuangan), maka di era globalisasi yang sangat ketat dan cepat berubah, upaya melakukan dan mengembangkan kemitraan (aliansi strategis) dengan semua stakeholder merupakan suatu keharusan. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui dan dan mengkaji gambaran empiric masalah-masalah strategis yang di dihadapi dan strategi yang di lakukan STP untuk mereson kebutuhan kebutuhan pengembang sumber daya manusia ke depan serta aliansi Strategis yang di lakukan STP untuk merespon persaingan global.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititaif naturalistic, dengan metode deskriftif dan studi kasus, dengan teknil pengumpulan data atau menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik sampling yang di gunakan adalah purfosif. Analisis data dilakukan melalui proses display data dan verifikasi data melalui proses triangulasi.