Abstract:
ABSTRAK ANDAR DANOVA GOELTOM, HERLAN SUHERLAN 1), JATMIKO EDY WALUYO Pasar terapung atau Floating Market Lembang (FML) merupakan usaha wisata yang sedang naik daun karena konsep atraksi wisatanya yang unik, yaitu menjual makanan diatas perahu yang mengapung layaknya pasar terapung, dan dikombinasikan dengan kegiatan wisata belanja. Namun demikian, promosi yang dilakukan pihak manajemen belum bisa menarik atensi atau membujuk target pengunjung untuk mengunjungi FML Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) dimensi empathy dalam efektivitas promosi yang dilakukan oleh FML; (2) dimensi persuasion dalam efektivitas promosi yang dilakukan oleh FML; (3) dimensi impact dalam efektivitas promosi yang dilakukan oleh FML; dan (4) dimensi communication dalam promosi yang dilakukan oleh FML Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di FML dan akan mengambil pengunjung FML sebagai populasi yang diteliti. Penentuan responden menggunakan teknik accidental sampling, dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran Kuisioner. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas media promosi menggunakan EPIC Model. Hasil menelitian menunjukan bahwa (1) media promosi yang digunakan sudah memahami kebutuhan dan keinginan target pengunjung, serta peningkatan kondisi afektif target pengunjung terhadap FML; (2) media promosi yang digunakan sudah mampu mendorong perubahan kepercayaan, sikap, dan keinginan berperilaku target pengunjung; (3) hanya media elektronik yang sudah mencapai tingkat efektif. Media elektronik sudah mampu merubah pengetahuan, sikap, dan perilaku target pengunjung terhadap FML. Sedangkan media cetak dan media online baru mencapai tingkat cukup efektif; (4) Hanya media elektronik yang sudah mencapai tingkat efektif. Pesan utama yang ditinggalkan oleh dua media ini dipahami dan diingat oleh sebagian target pengunjung. Kata Kunci : Promosi, Efektivitas, Bauran Pemasaran