Pengelolaan Perhotelan (HOA) - ST/D4
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 48962
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).
Kompetensi
- Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
- Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
- Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
- Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil
- Penyelia bagian sumber daya manusia
- Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel
- Penyelia Penjualan dan Pemasaran
- Asisten Manajer Revenue
- Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
- Aparatur Sipil Negara
Profil Alumni
- Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
- Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par (General Manager V Hotel Pasteur)
- Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)
Seni Kuliner (KUL) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 65362
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Chef de Party (Supervisor)
- Instruktur Bidang Tata Boga
- Food Demonstrator
Kompetensi
- Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
- Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
- Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
- Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
- Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman
Profil Alumni
- Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
- Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
- Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)
Divisi Kamar (DIK) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 24185
Length of Study : 6 Semesters (3-5 Years)
Study Credit : 110-120 SKS
Program Title : Diploma in Tourism/Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
VISION
Being a study program that can generate excellent professional alumnae and have a competitive advantage in accordance with the requirements of national and international industry standards.
MISION
Perform education programs that can produce professional alumnae in the field/industry of Rooms Division :
- Proficient in the latest skills
- Mastery of technology
- Have a networking
- Able to compete in the global era
GRADUATE PROFILE
- Front Office Supervisor (Front Desk Supervisor, Guest Relation Supervisor, Reservation Supervisor, Chief Concierge)
- Housekeeping Supervisor (Public Area Supervisor, Room Supervisor, Laundry Supervisor)
- Head Butler
- Entrepreneur .
KNOWLEDGE OBJECTIVES
- Mastering the general concepts and application of operational management in the field of room division
- Mastering the principles and procedural knowledge of reservation, guest registration, guest luggage handling, and telephone handling on the field of front office.
- Mastering the techniques of public area maintenance, guestrooms preparation, linen handling, floral arrangement on the field of housekeeping
- Mastering the principles and procedural knowledge of computer applications related to the field of front office and housekeeping.
- Mastering the theoretical concept and application of the design layout area and guest service area.
- Mastering knowledge of materials and machinery operation management in the front office and housekeeping
- Mastering the general theoretical concepts and application of division operation budget.
- Mastering the general theoretical concepts and application of marketing in room division.
- Mastering the theoretical concepts of the application of excellent service
- Mastering the theoretical concepts and application of cross-cultural knowledge
- Mastering the theoretical concepts and application of communication
- Mastering the theoretical concepts and application of entrepreneurship
LEARNING SUBJECT/MATA KULIAH
- Hospitality Marketing
- Principle of Management
- Human Resources Management
- Front Office Operation
- Front Office Supervisory
- Front Office Management
- Housekeeping Operation
- Housekeeping Supervisory
- Housekeeping Management
- Laundry Operation
- Butler Service
- Hotel Accounting
- Hospitality business
- Entrepreneur
- Cross Culture
- Psychology of service
- Hotel Information System
- Hotel Statistic
- Research methodology
- Etc
SUCCESS ALUMNAE
- Mr. Reza Sunardi (Chairman of Indonesian Hotel General Manager Association)
- Mr. Brio Ardianto (President The International Association for Deputy Managers and Front Office Managers of Luxury Hotels, Indonesia)
- Mr. Eric Herlangga (Vice President of Louvre and Golden Tulip Hotel South East Asia)
- Mr. Francis Denhard (Country CEO of Global Capital Hotel)
- Mr. Ade Rachmat Sjamsudin (Managing Director Global Capital Hotels)
- Mr. Edward Setiadi (Business Development Manager Diversey Care Indonesia)
- Mr. Tantowi Yahya (Member of Parliament/Dewan Perwakilan Rakyat)
- Mrs. Violeta Simatupang (President Director of Spectra and Energia Transmedia, Owner Hospitality Management Consult Indonesia, Tourism and Law Book Writer
- Denny Setiadi. Execurive Assistant Manager Holiday Inn Clark, Philippines
- Stevanus Lumenkun Piri. Hotel Manager Santika Hotel Kuta
- Harry Florentius. Corporate Human Resources Manager Artotel Indonesia
- Sari Hamonangan Damanik. Regional Director of Sales & Marketing Louvre Hotels Group
- Soni Harsono. Hotel Manager of Whiz Hotel
- Agung Wahyu Anggoro, Executive Assistant Manager Victoria Angkor Resort & Spa, Cambodia
- Alain John-John Siwy. General manger Myko Hotel and Convention
- Braddy Attaka Tamba. General Manager Santika Premiere Hotel
- Braja Eka Sukma. Director of Operation The OSO group Greater Jakarta Area
- Setyo Hari Moeljono. Corporate Director of Human Resources The Gunawarman
- Erwin Latief. Managing Director at Ranadi Bali
- Erich Hirawan. Director of Operations Parador Hotel and Resorts Indonesia
- Herry Firmansyah. General Manager Swiss-Belhotel International
- Riza i. Soemadipradja. General manger at Amaroossa Royal Hotel
- Dony Setia Burhan Hotel Manager Fave Hotel Archipelago International Hotels, Resort and Residences
- Chandra Kurniawan. General Manager JamesJoyce Coffetel & 7 Days Premium hotel
- Doddy Faturahman. General Manager Archipelago International Hotels, Resort and Residences
- Ruth Hutapea. General Manager Resinda Hotel manage by Padma Hotels & Resorts
- And many more
Tata Hidang (TAH) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 31655
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makan dan minuman
Profil Lulusan : Restaurant Supervisor / Head Waiter dan Bartender
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 114 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Tata Hidang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja pada usaha bagian makanan dan minuman, khususnya dibidang pelayanan.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mampu merancang, merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi operasional bidang makanan dan minuman, serta mampu mengaplikasikan pelayanan prima dan komunikasi pelayanan dibidang makanan dan minuman.
Visi
Menjadi program studi unggulan menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, memliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi standar internasional.
Misi
Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, bermutu andal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha/industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya agar mampu berkompetisi di era global.
Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang Tata Hidangan.
Kompetensi Lulusan
- Kompetensi Utama
- Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
- Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
- Pengetahuan dan kemampuan di bidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi. dalam pengembangan serta penerapannya.
- Sikap dan prilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
- Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
- Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
- Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
- Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
- Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan.
- Kompetensi Pendukung lulusan:
- Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya seperti: Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis.
- Kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi yang tercanggih.
- Kompetensi dalam menyelenggarakan dan mengatur persiapan acara, baik skala besar maupun skala kecil; terutama yang terkait dengan bidang MICE.
- Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
- Kompetensi untuk menjadi pendidik dalam bidang ilmu perhotelan dan pariwisata.
- Kompetensi untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang pariwisata, khususnya Manajemen Perhotelan.
- Kompetensi di bidang wirausaha / entrepreneur; khususnya kemampuan berwirausaha dalam mengelola bisnis yang terkait dengan perhotelan maupun usaha jasa lainnya.
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola usaha bidang makanan dan minuman
- Analis Produk
- Mixologis
- Wirausaha bidang makanan dan minuman
Profil Alumni
- Edward Pangkerego (Chief Operating Officer Artotel Indonesia)
- Stephen Rantung (General Manager ATA Corporation Indonesia)
- Hartoto (Vice President Aerowisata)