Studi Destinasi Pariwisata (SDP) - S1
- Details
- Category: Jurusan Kepariwisataan
- Hits: 84800
Program Strata-1 ini dirancang untuk menghasilkan ahli-ahli pariwisata yang memiliki penguasaan secara konseptual terhadap aspek-aspek kebijakan dan pengelolaan Pariwisata.
Profil Lulusan : Pengajar/Dosen, tenaga Ahli pada Institusi/Instansi Kepariwisataan
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 145 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Kompetensi :
- Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang kebijakan pembangunan pariwisata dalam konteks destinasi pariwisata.
- Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan pengelolaan produk wisata & pelayanan, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk pariwisata, dan tata kelola operasi kepariwisataan dalam pembangunan berkelanjutan destinasi pariwisata.
- Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan serta kendala kompleksitas pariwisata yang bersifat dinamis dan multi dimensi disuatu destinasi pariwisata.
- Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan pariwisata melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW) - ST/D4
- Details
- Category: Jurusan Kepariwisataan
- Hits: 34738
Nama Program Studi : Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW)
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan (S.Tr.Par)
Akreditasi Prodi : A dari BAN-PT, & Sertifikasi Tedqual (Tourism Education Quality) dari UNWTO
Posisi/Bidang Pekerjaan :
- Pada Bisnis Hiburan & Rekreasi (Resort, Amusement/Theme Park & Tourist Attractions) :
- Leisure/Recreation Planner
- Wellness & Visitor Club Instructor/Facilitator
- Guest Services Relation
- Visitor Activity Programmer
- Visitor Attraction & Facilities Designer
- Business Development Analyst
- Marketing & Communication
- Pada Bidang Konsultan Bisnis Hiburan & Rekreasi :
- Resort, Amusement/Theme Park & Visitor Recreation Specialist
- Wirausaha Bisnis Hiburan & Rekreasi :
Kompetensi :
- Mengelola Semua Program Aktivitas dan Layanan Pengunjung Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
- Merancang Desain Fasilitas dan Atraksi Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
- Mengelola Pemasaran dan Penjualan Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
- Mengelola Organisasi Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
- Mengelola Operasional dan Risiko Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
- Mengelola Keuangan Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
- Mengelola Kewirausahaan Pada Bisnis Hiburan dan Rekreasi
Deskripsi Prodi
Program studi Pengelolaan Usaha Rekreasi (Leisure & Recreation Management)merupakan pembaruan dari program studi sebelumnya; Manajemen Bisnis Pariwisata (MBW). Program studi ini menitikberatkan pada pengelolaan kegiatan hiburan dan rekreasi di Resort berstandar internasional dan di tempat wisata terkenal lainnya. Materi perkuliahan akan banyak membahas aspek pengelolaan kegiatan hiburan dan rekreasi di Resorts dengan mengacu pada standar pengelolaan resort internasional (The Palm Resort, Club Med, Bvlgari, Fairmont, Nihiwatu Sumba, dll), tempat-tempat wisata bertema alam, budaya dan buatan (City Park, Amusement Park dan Themepark berstandar internasional seperti Universal Island, Disneyland, Sentosa Island, Seaworld Park, Lego Land, dll). Selain itu,pengelolaan kegiatanrekreasi yang terkait dengan olah tubuh dan kebugaran (Sport Recreation & Wellness seperti Gym, Spa dan Sport Club), pengelolaankegiatanrekreasi air(Water Based Recreation seperti Rafting, Diving, Snorkeling, Jet Board, dll). Program diploma ini ditempuama 8 (delapan) semester dengan komposisi perkuliahan teori dan praktik berupa magang mingguan (apprenticeship) di tempat-tempat wisata terkenal dan studi lapang (field trip) hampir di setiap semesternya.
Profil Alumni
- Monika M. G. Sebayang (Batch 2006), Job Position : Business Development Manager, Topotels Hotels and Resorts
- RR. Astrid Adiyanti P. (Batch 2010), Job Position : Visitor Activities Coordinator, Fairmont Sanur Beach Hotel & Resort
- Faisal Rachman (Batch 2011), Job Position : Guest Services Supervisor, Montigo Resort Nongsa
- Aldrine Septian (Batch 2010), Job Position : Personnel Cordinator Supervisor, Montigo Resort Nongsa
- Dwiky Agusetiawan. (Batch 2011), Job Position : Professional Conference Organizer, PT. Heliz Pratama
recreation-stpbandung.org
Manejemen Destinasi Pariwisata (MDP) - ST/D4
- Details
- Category: Jurusan Kepariwisataan
- Hits: 38837
Nama Program Studi : Manajemen Destinasi Pariwisata (MDP)
Jenjang : Diploma – 4
Akreditasi Prodi : A
Lama Perkuliahan : 4 Tahun
Jumlah SKS : 155 SKS
Profil Lulusan :
Spesialis Perencana dan Pemasar Destinasi pada tingkat kawasan dan tapak pariwisata
- Tenaga promosi dan pemasar destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
- Tenaga perencana dan peneliti destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
- Tenaga perancang produk destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
- Tenaga perancang jejaring destinasi pada tingkat kawasan dan tapak;
Tenaga Ahli muda di Konsultan Pariwisata
- Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang promosi dan pemasar destinasi;
- Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang perencana dan peneliti destinasi;
- Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang perancang produk destinasi;
- Tenaga Ahli Muda Konsultan di bidang perancang jejaring destinasi;
Deskripsi Prodi
Jenjang Diploma 4 Program Studi Manajemen Destinasi Pariwisata merupakan prodi yang menghasilkan Sumber Daya Manusia Profesional dengan bidang keahlian Kebijakan, Perencanaan dan Pemasaran Destinasi Pariwisata pada tingkat Regional, Nasional dan Internasional. Program ini memiliki keseimbangan antara pembelajaran teori dan praktik, sehingga lulusan memiliki kemampuan teknis maupun konseptual dalam pengelolaan destinasi pariwisata.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Menguasai secara mendalam konsep teoritis fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, pengendalian dalam pembangunan destinasi pariwisata, Menguasai secara mendalam teknik analisis Menguasi pengetahuan faktual tentang struktur, hirarki dokumen perencanaan destinasi pariwisata. Mampu mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi potensi sebagai destinasi pariwisata skala kawasan dengan menggunakan prinsip-prinsip “destinasi pariwisata yang berkelanjutan dan bertanggungjawab” dan memenuhi kaidah kesesuaian nilai produk dan pasar. Mampu menganalisis dampak kegiatan pariwisata skala tapak dari aspek ekologi, ekonomi, budaya sesuai dengan prinsip pariwisata berkelanjutan.
Profil Alumni
- Asad Faraq, M.Par (Pekerjaan : Konsultan Pariwisata dan Tenaga Ahli Bidang Pariwisata)
- Rama Adhitya, S. ST. Par (CEO Event Organizer PT. Adhitama)
- Ghilman Hafidzat Ghani Yusra, S. ST. par (Instruktur Diving, Bali Scuba)