Studi Akomodasi & Katering (SAK) - S1
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 56165
Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Katering dengan segala implikasinya.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 150 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Profil Lulusan :
- Birokrat di bidang industri pariwisata;
- Teknokrat/perancang bangun dalam pembangunan pariwisata di bidang hospitalitas;
- Konsultan pariwisata industri dan bisnis hospitalitas;
- Administrator industri dan bisnis hospitalitas
- Entrepreneur industri dan bisnis hospitalitas
- Peneliti industri dan bisnis hospitalitas
- Akademisi pariwisata industri dan bisnis hospitalitas
Visi
Menjadi Program Studi Akomodasi & Katering terkemuka di Indonesia yang tetap berkepribadian Indonesia
Misi
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan, khususnya Studi Akomodasi dan Katering berbasis kearifan lokal
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan nasional khususnya bidang studi akomodasi dan katering.
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususnya bidang akomodasi dan katering di Indonesia
Tujuan
- Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
- Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.
Sasaran
- Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
- Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata.
- Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
- Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Kompetensi
- Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
- Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
- Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
- Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
- Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
- Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.
Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes)
Sikap dan Tata Nilaii
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orang lain;
- Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
- Menerapkan kode etik dan perilaku kepariwisataan sesuai dengan Global Code of Ethics for Tourism;
- Menerapkan nilai-nilai hospitalitas
Keterampilan Kerja Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di industri dan bisnis hospitalitas.
- Mampu mengkaji implikasi perkembangan atau implementasi ilmu pengetahuan di industri dan bisnis hospitalitas berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, dan atau kritik serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi yang diunggah dalam perguruan tinggi.
- Mampu menyusun dan mengkomunikasikan ide dan informasi industri dan bisnis hospitalitas secara efektif, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat akademik.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervise dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya.
- Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan teman sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin keshahihan dan mencegah plagiasi.
- Mampu merancang dan mendirikan usaha mandiri atau menjadi konsultan dalam industri dan bisnis hospitalitas.
Keterampilan Kerja Khusus
- Mampu menguasai konsep hospitalitas yang mengintegrasikan hasil kajian lingkungan makro dan lingkungan mikro terkait industri dan bisnis hospitalitas melalui metoda kooperatif dan kolaboratif dan dapat menunjukkan hasil yang baik sesuai dengan kriteria yang ada dalam evaluasi kegiatan.
- Mampu mengaplikasikan ilmu yang berhubungan dengan industri dan bisnis hospitalitas tersebut sesuai dengan kondisi demografi, budaya, alam, ekonomi, politik dan hukum yang berlaku.
- Mampu menganalisis kebijakan yang berkaitan dengan industri dan bisnis hospitalitas baik di tingkat regional, nasional, maupun global.
- Mampu menganalisis lingkungan internal dan eksternal industri dan bisnis hospitalitas dengan menggunakan berbagai teknis dan model analisis.
- Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang industri dan bisnis hospitalitas melalui penelitian dengan pendekatan inter dan multi disiplin atau transdidplin yang menghasilkan karya ilmiah yang teruji dan original yang diakui secara nasional maupun internasional dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi.
- Mampu mengaplikasikan sistem informasi hospitalitas dengan menggunakan berbagai software.
- Mampu membantu dalam rancang bangun bisnis akomodasi dan bisnis makanan/minuman.
- Mampu menunjukkan sikap etis dan estetis, komunikatif, adaptif, dan apresiatif.
Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep teoritis tentang industri dan bisnis hospitalitas secara mendalam.
- Menguasai konsep teoritis tentang industri dan bisnis hospitalitas baik itu akomodasi maupun industri makanan dan minuman serta lingkungan demografi, alam, persaingan masa yang akan dating, budaya, politik dan hukum, ekonomi, teknologi dan informatika secara umum.
- Menguasai prinsip-prinsip terkait dengan Global Code of Ethics for Tourism.
- Menguasai pengetahuan faktual mengenai isu-isu strategis dalam bidang industri dan bisnis hospitalitas.
Manajemen Divisi Kamar (MDK) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 43135
Length of Study : 6 Semesters (3-5 Years)
Study Credit : 110-120 SKS
Program Title : Diploma in Tourism/Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
VISION
Being a study program that can generate excellent professional alumnae and have a competitive advantage in accordance with the requirements of national and international industry standards.
MISION
Perform education programs that can produce professional alumnae in the field/industry of Rooms Division :
- Proficient in the latest skills
- Mastery of technology
- Have a networking
- Able to compete in the global era
GRADUATE PROFILE
- Front Office Supervisor (Front Desk Supervisor, Guest Relation Supervisor, Reservation Supervisor, Chief Concierge)
- Housekeeping Supervisor (Public Area Supervisor, Room Supervisor, Laundry Supervisor)
- Head Butler
- Entrepreneur .
KNOWLEDGE OBJECTIVES
- Mastering the general concepts and application of operational management in the field of room division
- Mastering the principles and procedural knowledge of reservation, guest registration, guest luggage handling, and telephone handling on the field of front office.
- Mastering the techniques of public area maintenance, guestrooms preparation, linen handling, floral arrangement on the field of housekeeping
- Mastering the principles and procedural knowledge of computer applications related to the field of front office and housekeeping.
- Mastering the theoretical concept and application of the design layout area and guest service area.
- Mastering knowledge of materials and machinery operation management in the front office and housekeeping
- Mastering the general theoretical concepts and application of division operation budget.
- Mastering the general theoretical concepts and application of marketing in room division.
- Mastering the theoretical concepts of the application of excellent service
- Mastering the theoretical concepts and application of cross-cultural knowledge
- Mastering the theoretical concepts and application of communication
- Mastering the theoretical concepts and application of entrepreneurship
LEARNING SUBJECT/MATA KULIAH
- Hospitality Marketing
- Principle of Management
- Human Resources Management
- Front Office Operation
- Front Office Supervisory
- Front Office Management
- Housekeeping Operation
- Housekeeping Supervisory
- Housekeeping Management
- Laundry Operation
- Butler Service
- Hotel Accounting
- Hospitality business
- Entrepreneur
- Cross Culture
- Psychology of service
- Hotel Information System
- Hotel Statistic
- Research methodology
- Etc
SUCCESS ALUMNAE
- Mr. Reza Sunardi (Chairman of Indonesian Hotel General Manager Association)
- Mr. Brio Ardianto (President The International Association for Deputy Managers and Front Office Managers of Luxury Hotels, Indonesia)
- Mr. Eric Herlangga (Vice President of Louvre and Golden Tulip Hotel South East Asia)
- Mr. Francis Denhard (Country CEO of Global Capital Hotel)
- Mr. Ade Rachmat Sjamsudin (Managing Director Global Capital Hotels)
- Mr. Edward Setiadi (Business Development Manager Diversey Care Indonesia)
- Mr. Tantowi Yahya (Member of Parliament/Dewan Perwakilan Rakyat)
- Mrs. Violeta Simatupang (President Director of Spectra and Energia Transmedia, Owner Hospitality Management Consult Indonesia, Tourism and Law Book Writer
- Denny Setiadi. Execurive Assistant Manager Holiday Inn Clark, Philippines
- Stevanus Lumenkun Piri. Hotel Manager Santika Hotel Kuta
- Harry Florentius. Corporate Human Resources Manager Artotel Indonesia
- Sari Hamonangan Damanik. Regional Director of Sales & Marketing Louvre Hotels Group
- Soni Harsono. Hotel Manager of Whiz Hotel
- Agung Wahyu Anggoro, Executive Assistant Manager Victoria Angkor Resort & Spa, Cambodia
- Alain John-John Siwy. General manger Myko Hotel and Convention
- Braddy Attaka Tamba. General Manager Santika Premiere Hotel
- Braja Eka Sukma. Director of Operation The OSO group Greater Jakarta Area
- Setyo Hari Moeljono. Corporate Director of Human Resources The Gunawarman
- Erwin Latief. Managing Director at Ranadi Bali
- Erich Hirawan. Director of Operations Parador Hotel and Resorts Indonesia
- Herry Firmansyah. General Manager Swiss-Belhotel International
- Riza i. Soemadipradja. General manger at Amaroossa Royal Hotel
- Dony Setia Burhan Hotel Manager Fave Hotel Archipelago International Hotels, Resort and Residences
- Chandra Kurniawan. General Manager JamesJoyce Coffetel & 7 Days Premium hotel
- Doddy Faturahman. General Manager Archipelago International Hotels, Resort and Residences
- Ruth Hutapea. General Manager Resinda Hotel manage by Padma Hotels & Resorts
- And many more
Administrasi Hotel (ADH) - ST/D4
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 68447
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).
Kompetensi
- Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
- Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
- Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
- Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil
- Penyelia bagian sumber daya manusia
- Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel
- Penyelia Penjualan dan Pemasaran
- Asisten Manajer Revenue
- Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
- Aparatur Sipil Negara
Profil Alumni
- Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
- Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par (General Manager V Hotel Pasteur)
- Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)
Manajemen Tata Boga (MTB) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 101979
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global
Visi
Menghasilkan lulusan bidang Tata Boga bertaraf Internasional
Misi
- Mengembangkan kurikulum berdasarkan kultur industri kuliner
- Meningkatkan isi pembelajaran berdasarkan studi penelusuran
- Mengembangkan teknologi pendidikan
- Optimalisasi penggunaan anggaran
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Chef de Party (Supervisor)
- Instruktur Bidang Tata Boga
- Food Demonstrator
Kompetensi
- Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
- Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
- Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
- Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
- Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman
Profil Alumni
- Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
- Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
- Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)