Studi Akomodasi & Katering (SAK) - S1
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 43506
Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Katering dengan segala implikasinya.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 150 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Profil Lulusan :
- Birokrat di bidang industri pariwisata;
- Teknokrat/perancang bangun dalam pembangunan pariwisata di bidang hospitalitas;
- Konsultan pariwisata industri dan bisnis hospitalitas;
- Administrator industri dan bisnis hospitalitas
- Entrepreneur industri dan bisnis hospitalitas
- Peneliti industri dan bisnis hospitalitas
- Akademisi pariwisata industri dan bisnis hospitalitas
Visi
Menjadi Program Studi Akomodasi & Katering terkemuka di Indonesia yang tetap berkepribadian Indonesia
Misi
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan, khususnya Studi Akomodasi dan Katering berbasis kearifan lokal
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan nasional khususnya bidang studi akomodasi dan katering.
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususnya bidang akomodasi dan katering di Indonesia
Tujuan
- Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
- Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.
Sasaran
- Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
- Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata.
- Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
- Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Kompetensi
- Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
- Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
- Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
- Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
- Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
- Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.
Man. Divisi Kamar (MDK) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 20586
Length of Study : 6 Semesters (3-5 Years)
Study Credit : 110-120 SKS
Program Title : Diploma in Tourism/Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
VISION
Being a study program that can generate excellent professional alumnae and have a competitive advantage in accordance with the requirements of national and international industry standards.
MISION
Perform education programs that can produce professional alumnae in the field/industry of Rooms Division :
- Proficient in the latest skills
- Mastery of technology
- Have a networking
- Able to compete in the global era
GRADUATE PROFILE
- Front Office Supervisor (Front Desk Supervisor, Guest Relation Supervisor, Reservation Supervisor, Chief Concierge)
- Housekeeping Supervisor (Public Area Supervisor, Room Supervisor, Laundry Supervisor)
- Head Butler
- Entrepreneur
.
KNOWLEDGE OBJECTIVES
- Mastering the general concepts and application of operational management in the field of room division
- Mastering the principles and procedural knowledge of reservation, guest registration, guest luggage handling, and telephone handling on the field of front office.
- Mastering the techniques of public area maintenance, guestrooms preparation, linen handling, floral arrangement on the field of housekeeping
- Mastering the principles and procedural knowledge of computer applications related to the field of front office and housekeeping.
- Mastering the theoretical concept and application of the design layout area and guest service area.
- Mastering knowledge of materials and machinery operation management in the front office and housekeeping
- Mastering the general theoretical concepts and application of division operation budget.
- Mastering the general theoretical concepts and application of marketing in room division.
- Mastering the theoretical concepts of the application of excellent service
- Mastering the theoretical concepts and application of cross-cultural knowledge
- Mastering the theoretical concepts and application of communication
- Mastering the theoretical concepts and application of entrepreneurship
LEARNING SUBJECT/MATA KULIAH
- Hospitality Marketing
- Principle of Management
- Human Resources Management
- Front Office Operation
- Front Office Supervisory
- Front Office Management
- Housekeeping Operation
- Housekeeping Supervisory
- Housekeeping Management
- Laundry Operation
- Butler Service
- Hotel Accounting
- Hospitality business
- Entrepreneur
- Cross Culture
- Psychology of service
- Hotel Information System
- Hotel Statistic
- Research methodology
- Etc
SUCCESS ALUMNAE
- Mr. Reza Sunardi (Chairman of Indonesian Hotel General Manager Association)
- Mr. Brio Ardianto (President The International Association for Deputy Managers and Front Office Managers of Luxury Hotels, Indonesia)
- Mr. Eric Herlangga (Vice President of Louvre and Golden Tulip Hotel South East Asia)
- Mr. Francis Denhard (Country CEO of Global Capital Hotel)
- Mr. Ade Rachmat Sjamsudin (Managing Director Global Capital Hotels)
- Mr. Edward Setiadi (Business Development Manager Diversey Care Indonesia)
- Mr. Tantowi Yahya (Member of Parliament/Dewan Perwakilan Rakyat)
- Mrs. Violeta Simatupang (President Director of Spectra and Energia Transmedia, Owner Hospitality Management Consult Indonesia, Tourism and Law Book Writer
- Denny Setiadi. Execurive Assistant Manager Holiday Inn Clark, Philippines
- Stevanus Lumenkun Piri. Hotel Manager Santika Hotel Kuta
- Harry Florentius. Corporate Human Resources Manager Artotel Indonesia
- Sari Hamonangan Damanik. Regional Director of Sales & Marketing Louvre Hotels Group
- Soni Harsono. Hotel Manager of Whiz Hotel
- Agung Wahyu Anggoro, Executive Assistant Manager Victoria Angkor Resort & Spa, Cambodia
- Alain John-John Siwy. General manger Myko Hotel and Convention
- Braddy Attaka Tamba. General Manager Santika Premiere Hotel
- Braja Eka Sukma. Director of Operation The OSO group Greater Jakarta Area
- Setyo Hari Moeljono. Corporate Director of Human Resources The Gunawarman
- Erwin Latief. Managing Director at Ranadi Bali
- Erich Hirawan. Director of Operations Parador Hotel and Resorts Indonesia
- Herry Firmansyah. General Manager Swiss-Belhotel International
- Riza i. Soemadipradja. General manger at Amaroossa Royal Hotel
- Dony Setia Burhan Hotel Manager Fave Hotel Archipelago International Hotels, Resort and Residences
- Chandra Kurniawan. General Manager JamesJoyce Coffetel & 7 Days Premium hotel
- Doddy Faturahman. General Manager Archipelago International Hotels, Resort and Residences
- Ruth Hutapea. General Manager Resinda Hotel manage by Padma Hotels & Resorts
- And many more
Administrasi Hotel (ADH) - D4
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 42844
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).
Kompetensi :
- Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
- Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
- Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
- Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel
Manajemen Tata Boga (MTB) - D3
- Details
- Category: Jurusan Hospitaliti
- Hits: 58003
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Kompetensi
- Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
- Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
- Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
- Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
- Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman