Jurusan Hospitaliti

S1 - Studi Akomodasi & Katering (SAK)

Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Catering dengan segala implikasinya.
Profil Lulusan : Peneliti, Akademisi, Birokrat, Teknokrat dan Konsultan dalam bidang Akomodasi dan Katering.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 152 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)

Tujuan

  • Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
  • Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.

Sasaran

  • Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
  • Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata.
  • Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
  • Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.

Kompetensi

  • Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
  • Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
  • Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
  • Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.

D4 - Administrasi Hotel (ADH)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 144-160 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).

Kompetensi :

  • Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
  • Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
  • Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
  • Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel

D3 - Manajemen Divisi Kamar (MDK)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Kompetensi

  • Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
  • Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
  • Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
  • Menangani pembayaran rekening tamu
  • Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
  • Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
  • Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
  • Menangani pelayanan "butler".

D3 - Manajemen Tata Hidang (MTH)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makan dan minuman
Profil Lulusan : Restaurant Supervisor / Head Waiter dan Bartender
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Visi

Menjadi program studi unggulan menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, memliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi standar internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, bermutu andal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha/industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya agar mampu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang Tata Hidangan.

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama
    1. Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
    2. Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
    3. Pengetahuan dan kemampuan di bidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi. dalam pengembangan serta penerapannya.
    4. Sikap dan prilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
    5. Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
    6. Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
    7. Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
    8. Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
    9. Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan.
  2. Kompetensi Pendukung lulusan:
    1. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya seperti: Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis.
    2. Kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi yang tercanggih.
    3. Kompetensi dalam menyelenggarakan dan mengatur persiapan acara, baik skala besar maupun skala kecil; terutama yang terkait dengan bidang MICE.
  3. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
    1. Kompetensi untuk menjadi pendidik dalam bidang ilmu perhotelan dan pariwisata.
    2. Kompetensi untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang pariwisata, khususnya Manajemen Perhotelan.
    3. Kompetensi di bidang wirausaha / entrepreneur; khususnya kemampuan berwirausaha dalam mengelola bisnis yang terkait dengan perhotelan maupun usaha jasa lainnya.

D3 - Manajemen Tata Boga (MTB)

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3-5 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Kompetensi

  • Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
  • Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
  • Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
  • Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
  • Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman

D3 - Manajemen Patiseri (MPI)

Tujuan Program: Setelah menyelesaikan Program Pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi Pengelolaan dalam bidang pastry dan bakery.
Waktu Studi : 6 Semester (3-4 tahun) | Beban Studi : 110-120 SKS | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Visi

Menjadi program studi unggulan yang menghasilkan tenaga profesional dan memiliki keunggulan kompetitif di bidang Pastry & Bakery yang sesuai dengan kebutuhan standar industri pariwisata di tingkat Internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga profesional di dunia industri bidang patiseri yang bermutu dengan keterampilan dan teknologi serta mempunyai networking yang luas agar mampu berkompetisi di era globalisasi.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Baker
  2. Chef de party/supervisor
  3. Food Demonstrator
  4. Instruktur bidang bakeri dan patiseri

Kompetensi Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan memiliki kompetensi:

  1. mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme;
  2. menerapkan nilai, sikap dan etika profesi;
  3. menangani persiapan dalam pengelolaan aneka patiseri dan roti;
  4. membuat aneka hiasan kue dan menghias aneka kue;
  5. menangani penyimpanan komoditi patiseri;
  6. menyiapkan dan melaksanakan pelayanan di pastry counter;
  7. menata dan mengatur hidangan penutup;
  8. menata dan mengatur makanan untuk event
  9. menangani administrasi patiseri;
  10. melaksanaan dan pengawasan dan pembinaan pada bagian patiseri;
  11. menganalisis hasil penjalan produk;
  12. melaksanakan dan mengaplikasikan hygiene, sanitasi dan keselamatan kerja;
  13. berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja di bidang patiseri;
  14. berkomunikasi dalam Bahasa Inggris; dan
  15. berkomunikasi dalam bahasa asing lainnya

Jadwal Kuliah

Download

Kuesioner Tracer Study - ALUMNI

Download

Kuesioner Tracer Study - INDUSTRI

Download

Pengelolaan Perhotelan (HOA) - ST/D4

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).

Kompetensi

  • Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
  • Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
  • Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
  • Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil

  2. Penyelia bagian sumber daya manusia
  3. Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel

  4. Penyelia Penjualan dan Pemasaran

  5. Asisten Manajer Revenue

  6. Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
  7. Aparatur Sipil Negara

Profil Alumni

  1. Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
  2. Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par (General Manager V Hotel Pasteur)
  3. Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)

Seni Kuliner (KUL) - D3

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Chef de Party (Supervisor)
  2. Instruktur Bidang Tata Boga
  3. Food Demonstrator

Kompetensi

  • Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
  • Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
  • Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
  • Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
  • Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
  • Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman

Profil Alumni

  1. Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
  2. Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
  3. Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)

Divisi Kamar (DIK) - D3

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 117 SKS | Akreditasi : A, Tedqual, ISO | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi MDK memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut :

A. VISI

Menjadi Program Studi Divisi Kamar terkemuka di dunia yang tetap berkpribadian Indonesia

B. MISI

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang divisi kamar melalui pengembangan kapasitas belajar
  2. Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi divisi kamar
  3. Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan divisi kamar melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan khususunya divisi kamar nasional
  5. Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususunya bidang divisi kamar Indonesia

C. TUJUAN

Peningkatan kapasitas dan profesionalisme SDM pariwisata dan ekonomi kreatif

Deskripsi Umum Capaian

Program Studi Manajemen Divisi Kamar adalah program studi vokasi yang menghasilkan alumni yang mampu menjadi supervisor dalam bidang Room Division khususnya Front Office dan Housekeeping. Lulusan Program Studi Manajemen Divisi Kamar diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dengan standar hotel bintang 5 di bidang Front Office dan Housekeeping. Serta mampu untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi serta memberikan pengawasan terhadap operasional Front Office dan Housekeeping sesuai dengan standar hotel bintang 5.

Pembelajaran

Program studi MDK menggunakan kurikulum tahun 2014 dengan jumlah 48 mata kuliah yang terdiri dari :

  • 4 Mata Kuliah Wajib Umum
  • 18 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Umum
  • 26 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Khusus

Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan 50 % Teori di dalam kelas dan 50% Praktik di Laboratorium Front Office dan laboratorium Housekeeping.

Kompetensi

  • Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
  • Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
  • Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
  • Menangani pembayaran rekening tamu
  • Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
  • Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
  • Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
  • Menangani pelayanan "butler".

Profil Lulusan

  1. Room Division Supervisor
  2. Front Office Supervisor
  3. Housekeeping Supervisor
  4. Laundry SupervisorEntrepreneur

Profil Alumni

1. Tantowi Yahya, sebagai :

  • Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan kerajaan Tonga 2017 – 2020
  • Anggota DPR RI 2014 – 2019
  • Penyanyi
  • Pengusaha

2. Francis Dehnhardt, sebagai :

  • Country CEO Indonesia Global Capital Hotels 2016
  • Executive Vice President of Hotel Division 2013 – 2016
  • Director of Aero Hotel Management 2013 – 2015
  • General Manager of Prama sanur Beach Hotel Bali 2011 - 2013

3. Erick Herlangga, sebagai :

  • Vice President Business Development Louvre Hotels Group 2015 – sekarang
  • Vice President Louvre Hotels Group 2014 – 2015
  • Regional Director Operations & Development Luvre Hotels Group 2011 – 2013
  • Assistant Director Group Operations Hotel CT Corp 2009 - 2011

Tata Hidang (TAH) - D3

Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makan dan minuman
Profil Lulusan : Restaurant Supervisor / Head Waiter dan Bartender
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 114 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).

Deskripsi Prodi

Program Studi Tata Hidang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja pada usaha bagian makanan dan minuman, khususnya dibidang pelayanan.

Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran

Mampu merancang, merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi operasional bidang makanan dan minuman, serta mampu mengaplikasikan pelayanan prima dan komunikasi pelayanan dibidang makanan dan minuman.

Visi

Menjadi program studi unggulan menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, memliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi standar internasional.

Misi

Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, bermutu andal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha/industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya agar mampu berkompetisi di era global.

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang Tata Hidangan.

Kompetensi Lulusan

  1. Kompetensi Utama
    1. Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
    2. Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
    3. Pengetahuan dan kemampuan di bidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi. dalam pengembangan serta penerapannya.
    4. Sikap dan prilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
    5. Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
    6. Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
    7. Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
    8. Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
    9. Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan.
  2. Kompetensi Pendukung lulusan:
    1. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya seperti: Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis.
    2. Kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi yang tercanggih.
    3. Kompetensi dalam menyelenggarakan dan mengatur persiapan acara, baik skala besar maupun skala kecil; terutama yang terkait dengan bidang MICE.
  3. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
    1. Kompetensi untuk menjadi pendidik dalam bidang ilmu perhotelan dan pariwisata.
    2. Kompetensi untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang pariwisata, khususnya Manajemen Perhotelan.
    3. Kompetensi di bidang wirausaha / entrepreneur; khususnya kemampuan berwirausaha dalam mengelola bisnis yang terkait dengan perhotelan maupun usaha jasa lainnya.

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:

  1. Pengelola usaha bidang makanan dan minuman
  2. Analis Produk
  3. Mixologis
  4. Wirausaha bidang makanan dan minuman

Profil Alumni

  1. Edward Pangkerego (Chief Operating Officer Artotel Indonesia)
  2. Stephen Rantung (General Manager ATA Corporation Indonesia)
  3. Hartoto (Vice President Aerowisata)

STPB Link

Pascasarjana eBook & eJournal ADUM SMMSTPB SBMPTP LSP PTI ICC enHaii Enterpreneur CTDS Pengadaan Barang & Jasa Kontak Webmail Portal Mahasiswa e-pod e-dop Portal Dosen Tracer Study Download Juknis e-DOP & e-POD Repository

Official Website Program Studi :
Studi Akomodasi & Katering (SAK) Administrasi Hotel (ADH) Man.Dvisi Kamar (MDK) Man. Tata Hidang (MTH) Man. Tata Boga (MTB) Man. Patiseri (MPI) Studi Destinasi Pariwisata (SDP) Man. Destinasi Pariwisata (MDP) Man. Bisnis Pariwisata (MBW) Studi Industri Perjalanan (SIP) Man. Bisnis Perjalanan (MBP) Man. Bisnis Konvensi & Event (MBK) Man. Pengaturan perjalanan (MPP)

Perguruan Tinggi Pariwisata dibawah Kementerian Pariwisata :
STP Bandung | STP Nusa Dua Bali | Akpar Medan | Poltekpar Makassar | Poltekpar Palembang | Poltekpar Lombok



*bagi Dosen/Mahasiswa, untuk akses diluar STP Bandung user id dapat diminta pada Unit Perpustakaan.

Sunday the 11th. Joomla Templates Free. @stp bandung | jl. dr setiabudhi 186 Bandung 40141, jawa barat, indonesia .