Pengelolaan Perhotelan (HOA) - ST/D4
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 47879
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (SST.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).
Kompetensi
- Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
- Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
- Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
- Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil
- Penyelia bagian sumber daya manusia
- Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel
- Penyelia Penjualan dan Pemasaran
- Asisten Manajer Revenue
- Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
- Aparatur Sipil Negara
Profil Alumni
- Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
- Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par (General Manager V Hotel Pasteur)
- Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)
Seni Kuliner (KUL) - D3
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 64141
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Chef de Party (Supervisor)
- Instruktur Bidang Tata Boga
- Food Demonstrator
Kompetensi
- Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
- Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
- Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
- Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
- Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman
Profil Alumni
- Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
- Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
- Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)
Divisi Kamar (DIK) - D3
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 23579
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 117 SKS | Akreditasi : A, Tedqual, ISO | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi MDK memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut :
A. VISI
Menjadi Program Studi Divisi Kamar terkemuka di dunia yang tetap berkpribadian Indonesia
B. MISI
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang divisi kamar melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi divisi kamar
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan divisi kamar melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan khususunya divisi kamar nasional
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususunya bidang divisi kamar Indonesia
C. TUJUAN
Peningkatan kapasitas dan profesionalisme SDM pariwisata dan ekonomi kreatif
Deskripsi Umum Capaian
Program Studi Manajemen Divisi Kamar adalah program studi vokasi yang menghasilkan alumni yang mampu menjadi supervisor dalam bidang Room Division khususnya Front Office dan Housekeeping. Lulusan Program Studi Manajemen Divisi Kamar diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dengan standar hotel bintang 5 di bidang Front Office dan Housekeeping. Serta mampu untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi serta memberikan pengawasan terhadap operasional Front Office dan Housekeeping sesuai dengan standar hotel bintang 5.
Pembelajaran
Program studi MDK menggunakan kurikulum tahun 2014 dengan jumlah 48 mata kuliah yang terdiri dari :
- 4 Mata Kuliah Wajib Umum
- 18 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Umum
- 26 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Khusus
Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan 50 % Teori di dalam kelas dan 50% Praktik di Laboratorium Front Office dan laboratorium Housekeeping.
Kompetensi
- Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
- Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
- Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
- Menangani pembayaran rekening tamu
- Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
- Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
- Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
- Menangani pelayanan "butler".
Profil Lulusan
- Room Division Supervisor
- Front Office Supervisor
- Housekeeping Supervisor
- Laundry SupervisorEntrepreneur
Profil Alumni
1. Tantowi Yahya, sebagai :
- Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan kerajaan Tonga 2017 – 2020
- Anggota DPR RI 2014 – 2019
- Penyanyi
- Pengusaha
2. Francis Dehnhardt, sebagai :
- Country CEO Indonesia Global Capital Hotels 2016
- Executive Vice President of Hotel Division 2013 – 2016
- Director of Aero Hotel Management 2013 – 2015
- General Manager of Prama sanur Beach Hotel Bali 2011 - 2013
3. Erick Herlangga, sebagai :
- Vice President Business Development Louvre Hotels Group 2015 – sekarang
- Vice President Louvre Hotels Group 2014 – 2015
- Regional Director Operations & Development Luvre Hotels Group 2011 – 2013
- Assistant Director Group Operations Hotel CT Corp 2009 - 2011
Tata Hidang (TAH) - D3
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 30934
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian penyajian makan dan minuman
Profil Lulusan : Restaurant Supervisor / Head Waiter dan Bartender
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 114 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Tata Hidang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja pada usaha bagian makanan dan minuman, khususnya dibidang pelayanan.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mampu merancang, merencanakan, mengimplementasikan dan mengevaluasi operasional bidang makanan dan minuman, serta mampu mengaplikasikan pelayanan prima dan komunikasi pelayanan dibidang makanan dan minuman.
Visi
Menjadi program studi unggulan menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, memliki keunggulan kompetitif dalam memenuhi standar internasional.
Misi
Menyelenggarakan program pendidikan yang dapat menghasilkan tenaga professional di bidang Tata Hidangan, bermutu andal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha/industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai bidangnya agar mampu berkompetisi di era global.
Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang Tata Hidangan.
Kompetensi Lulusan
- Kompetensi Utama
- Mengembangkan kepribadian yang luhur serta jiwa nasionalisme.
- Menerapkan nilai-nilai sikap dan etika profesi.
- Pengetahuan dan kemampuan di bidang Perhotelan seperti: Tata Hidangan Makanan dan Minuman, Manajemen Hotel serta Bahasa Inggris Profesi. dalam pengembangan serta penerapannya.
- Sikap dan prilaku seorang insan pariwisata yang profesional; memiliki etos kerja serta disiplin yang tinggi.
- Wawasan dan ketajaman visi akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang Perhotelan dan Restoran; seperti teknologi informasi dan komputerisasi yang menunjang berbagai aktivitas dalam industri perhotelan dan Restoran.
- Kemampuan berpikir kritis dan melakukan problem solving.
- Kemampuan untuk berkomunikasi dan beradaptasi.
- Kepekaan terhadap aspek ekonomi, bisnis dan kehidupan bermasyarakat.
- Pengembangan karakter, spiritualitas dan kepemimpinan.
- Kompetensi Pendukung lulusan:
- Berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya seperti: Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis.
- Kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi yang tercanggih.
- Kompetensi dalam menyelenggarakan dan mengatur persiapan acara, baik skala besar maupun skala kecil; terutama yang terkait dengan bidang MICE.
- Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan
- Kompetensi untuk menjadi pendidik dalam bidang ilmu perhotelan dan pariwisata.
- Kompetensi untuk melakukan penelitian dalam bidang ilmu dan teknologi yang terkait dengan bidang pariwisata, khususnya Manajemen Perhotelan.
- Kompetensi di bidang wirausaha / entrepreneur; khususnya kemampuan berwirausaha dalam mengelola bisnis yang terkait dengan perhotelan maupun usaha jasa lainnya.
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola usaha bidang makanan dan minuman
- Analis Produk
- Mixologis
- Wirausaha bidang makanan dan minuman
Profil Alumni
- Edward Pangkerego (Chief Operating Officer Artotel Indonesia)
- Stephen Rantung (General Manager ATA Corporation Indonesia)
- Hartoto (Vice President Aerowisata)