Studi Akomodasi & Katering (SAK) - S1
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 48397
Program Strata-1 ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konseptual dalam mengembangkan dan memberikan jasa konsultasi, penelitian dan deseminasi dibidang Akomodasi dan Katering dengan segala implikasinya.
Waktu Studi : 8 Semester (4-7 tahun) | Beban Studi : 150 SKS | Sebutan yang diberikan : Sarjana Pariwisata (S.Par.)
Profil Lulusan :
- Birokrat di bidang industri pariwisata;
- Teknokrat/perancang bangun dalam pembangunan pariwisata di bidang hospitalitas;
- Konsultan pariwisata industri dan bisnis hospitalitas;
- Administrator industri dan bisnis hospitalitas
- Entrepreneur industri dan bisnis hospitalitas
- Peneliti industri dan bisnis hospitalitas
- Akademisi pariwisata industri dan bisnis hospitalitas
Visi
Menjadi Program Studi Akomodasi & Katering terkemuka di Indonesia yang tetap berkepribadian Indonesia
Misi
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi kepariwisataan, khususnya Studi Akomodasi dan Katering berbasis kearifan lokal
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan pariwisata khususnya Studi Akomodasi dan Katering melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan nasional khususnya bidang studi akomodasi dan katering.
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususnya bidang akomodasi dan katering di Indonesia
Tujuan
- Mengembangkan Akomodasi dan Katering sebagai ilmu yang mandiri dan bermanfaat bagi pembangunan.
- Mengembangkan program pendidikan S-1 yang memiliki kekhasan kajian dan kompetensi jasa pariwisata yang dikemas dalam kurikulum berbasis kompetensi dan menjawab kebutuhan pasar.
Sasaran
- Mengembangkan keilmuan pariwisata, khususnya cabang jasa pariwisata dalam konteks Akomodasi & Katering.
- Mampu mengembangkan keahlian dalam memformulasikan kebijakan, pengembangan SDM, perencanaan dan tata kelola jasa pariwisata, pemanfaatan sumberdaya & pengembangan produk akomodasi & katering, dan tata kelola dalam pembangunan jasa pariwisata.
- Memiliki pola berpikir taktis dan sistematis dalam proses penganalisaan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan, serta kendala kompleksitas pengembangan akomodasi & katering yang bersifat dinamis dan multi dimensi di jasa pariwisata.
- Memiliki daya nalar dan inisiatif realistis dalam memberikan solusi permasalahan pengembangan akomodasi & katering melalui rekomendasi konseptual yang aplikatif dan implementable.
Kompetensi
- Merencanakan dan melaksanakan penelitian di bidang Akomodasi & Katering.
- Memiliki kemampuan berpikir kritis, analisis kreatif, dan memecahkan permasalahan
- Mampu mengevaluasi aspek tata kelola dan tata kerja perencanaan dan pengembangan usaha akomodasi dan katering
- Mampu menganalisa kebutuhan pasar dan membandingkannya dengan kapasitas internal dalam merencanakan pola investasi di bidang akomodasi dan katering.
- Mampu merumuskan perencanaan dan melaksanakan penelitian di bidang usaha akomodasi dan katering
- Mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar dan memiliki kemamuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis dalam bahasa asing.
Manajemen Divisi Kamar (MDK) - D3
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 28133
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi operasional pada bagian Divisi Kamar.
Profil Lulusan : Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 117 SKS | Akreditasi : A, Tedqual, ISO | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi MDK memiliki Visi, Misi, dan Tujuan sebagai berikut :
A. VISI
Menjadi Program Studi Divisi Kamar terkemuka di dunia yang tetap berkpribadian Indonesia
B. MISI
- Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran di bidang divisi kamar melalui pengembangan kapasitas belajar
- Meningkatkan kualitas dan ragam penelitian untuk pengembangan keilmuan dan teknologi divisi kamar
- Meningkatkan kapasitas aplikasi keilmuan divisi kamar melalui pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
- Memposisikan diri sebagai agen pembaharu dalam mendorong kemandirian pembangunan kepariwisataan khususunya divisi kamar nasional
- Berperan sebagai simpul utama jejaring pendidikan tinggi kepariwisataan khususunya bidang divisi kamar Indonesia
C. TUJUAN
Peningkatan kapasitas dan profesionalisme SDM pariwisata dan ekonomi kreatif
Deskripsi Umum Capaian
Program Studi Manajemen Divisi Kamar adalah program studi vokasi yang menghasilkan alumni yang mampu menjadi supervisor dalam bidang Room Division khususnya Front Office dan Housekeeping. Lulusan Program Studi Manajemen Divisi Kamar diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dengan standar hotel bintang 5 di bidang Front Office dan Housekeeping. Serta mampu untuk merencanakan, mengimplementasikan, mengevaluasi serta memberikan pengawasan terhadap operasional Front Office dan Housekeeping sesuai dengan standar hotel bintang 5.
Pembelajaran
Program studi MDK menggunakan kurikulum tahun 2014 dengan jumlah 48 mata kuliah yang terdiri dari :
- 4 Mata Kuliah Wajib Umum
- 18 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Umum
- 26 Mata Kuliah Wajib Prodi Kemampuan Kerja Khusus
Kegiatan Pembelajaran dilakukan dengan 50 % Teori di dalam kelas dan 50% Praktik di Laboratorium Front Office dan laboratorium Housekeeping.
Kompetensi
- Menangani pemesanan kamar, kedatangan dan keberangkatan tamu.
- Menangani informasi, surat menyurat, pesanan dan barang tamu
- Menangani pelayanan telepon, faksimili, surat dan internet
- Menangani pembayaran rekening tamu
- Merencanakan dan menyelenggarakan MICE
- Menangani administrasi operasional Divisi Kamar
- Menyiapkan kamar dan membersihkan ruang hotel lainnya
- Menangani pelayanan "butler".
Profil Lulusan
- Room Division Supervisor
- Front Office Supervisor
- Housekeeping Supervisor
- Laundry SupervisorEntrepreneur
Profil Alumni
1. Tantowi Yahya, sebagai :
- Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Samoa, dan kerajaan Tonga 2017 – 2020
- Anggota DPR RI 2014 – 2019
- Penyanyi
- Pengusaha
2. Francis Dehnhardt, sebagai :
- Country CEO Indonesia Global Capital Hotels 2016
- Executive Vice President of Hotel Division 2013 – 2016
- Director of Aero Hotel Management 2013 – 2015
- General Manager of Prama sanur Beach Hotel Bali 2011 - 2013
3. Erick Herlangga, sebagai :
- Vice President Business Development Louvre Hotels Group 2015 – sekarang
- Vice President Louvre Hotels Group 2014 – 2015
- Regional Director Operations & Development Luvre Hotels Group 2011 – 2013
- Assistant Director Group Operations Hotel CT Corp 2009 - 2011
Administrasi Hotel (ADH) - ST/D4
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 56121
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mengelola usaha perhotelan.
Profil Lulusan : Operational Manager.
Waktu Studi : 8 Semester (4 tahun) | Beban Studi : 154 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi Administrasi Hotel sebagai salah satu program studi unggulan yang menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang professional di bidang pengelolaan perhotelan yang berkualitas, bekerja cerdas, menguasai pengetahuan, cakap dalam keterampilan, penguasaan teknologi dan mempunyai networking, serta berkepribadian budaya bangsa agar mampu berkompetisi di era global.
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mahasiswa memiliki tata nilai dan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai hospitaliti (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian) didukung dengan keterampilan umum dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dan konsep teoritis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam dan secara mandiri dapat mengelola kegiatan operasional hotel (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel).
Kompetensi
- Menganalisis Rencana Kebutuhan Hotel
- Marencanakan Prinsip-prinsip Pengelolaan Hotel
- Menilai Sumber Dana & Pemanfaatannya bagi Hotel
- Mengadaptasi Sistem Akuntansi & Pengendalian untuk Kepentingan Sistem Informasi Hotel
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Pengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil
- Penyelia bagian sumber daya manusia
- Penyelia Akuntansi dan keuangan hotel
- Penyelia Penjualan dan Pemasaran
- Asisten Manajer Revenue
- Akademisi/Instruktur Laboratorium praktik perhotelan
- Aparatur Sipil Negara
Profil Alumni
- Deddi Setiadi, S.ST.Par (President Director Jayakarta Hotel & Resort Indonesia)
- Dewi Intan Mustikawati, S.ST.Par (General Manager V Hotel Pasteur)
- Yudha Permana, S.ST.Par (Director and Owner Global Online Management)
Manajemen Tata Boga (MTB) - D3
- Detail
- Kategori: Jurusan Hospitaliti
- Dilihat: 75756
Tujuan Pendidikan : untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam mensupervisi usaha pada bagian pengolahan makanan.
Profil Lulusan : Chef de Party / Food Supervisor
Waktu Studi : 6 Semester (3 tahun) | Beban Studi : 120 SKS | Akreditasi : A | Sebutan yang diberikan : Ahli Madya Pariwisata (A.Mad.Par).
Deskripsi Prodi
Program Studi dalam bidang pengolahan makanan yang menghasilkan lulusan tenaga profesional di bidang Tata Boga, bermutu handal dan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan dunia usaha atau industri baik nasional maupun internasional, menciptakan iklim yang kondusif melalui potensi yang dimiliki untuk memberikan pelayanan prima, serta menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi sesuai bidangnya agar berkompetisi di era global
Visi
Menghasilkan lulusan bidang Tata Boga bertaraf Internasional
Misi
- Mengembangkan kurikulum berdasarkan kultur industri kuliner
- Meningkatkan isi pembelajaran berdasarkan studi penelusuran
- Mengembangkan teknologi pendidikan
- Optimalisasi penggunaan anggaran
Deskripsi Umum Capaian Pembelajaran
Mampu merancang, merencanakan, membuat, mempresentasikan, dan menyimpan produk masakan nusantara, oriental, dan kontinental sesuai dengan standar resep yang berlaku, standar kualitas produk, standar kebersihan makanan (Food Hygiene), memenuhi nilai estetika, dan denga menerapkan K3 di lingkungan kerja. Menguasai konsep teoritis secara umum, prinsip, teknik, dan metoda teknologi pengolahan pangan ( food processing technology ), khususnya untuk pengolahan masakan. Menguasai konsep teoritis secara umum fungsi manajemen perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian dalam pengolahan masakan.
Profil Lulusan
Setelah menyelesaikan program pendidikan ini, lulusan Diharapkan mampu menduduki jabatan/berperan sebagai:
- Chef de Party (Supervisor)
- Instruktur Bidang Tata Boga
- Food Demonstrator
Kompetensi
- Membuat, mengembangkan dan menciptakan makanan serta mengaplikasikannya kedalam berbagai bentuk penyajian makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pengawasan pada bidang produksi makanan
- Menciptakan gagasan-gagasan Inovatif
- Mengaplikasikan metode investasi di bidang pengolahan makanan
- Menyusun anggaran oprasional dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip penentuan harga jual makanan dan minuman
- Menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dalam bidang pengolahan makanan
- Menerapkan prinsip-prinsip pemasaran dalam penjualan makanan dan minuman
Profil Alumni
- Tony Eka Saputra (Executive Chef Hotel Hilton)
- Chandra Yudasswara (Chef Table NET TV & Celebrity Chef dan Pengusaha Kuliner)
- Mandif Warokka (Chef Blanco par Mandif & Pengusaha Kuliner)